• 1

  • 2

  • 3

  • 4

Program dan Strategi Pemasaran

Dalam melakukan pemasaran hasil produk ternak sapi potong dituntut adanya tingkat kejelian “Manager Pemasaran”, khususnya di dalam cara menetapkan atau melaksanakan program dan strategi pemasaran. Demikian juga perlu memperhatikan masalah rantai pemasaran, sebab panjang pendeknya suatu rantai pemasaran produksi yang ditunjukkan oleh besarnya margin pemasaran. Sebab suatu kebiasaan yang sering terjadi tingginya harga jual suatu jenis produk tertentu oleh pihak lembaga pemasaran justru akan dibebankan dalam harga yang harus di bayarkan konsumen ataupun oleh pihak produsen.


Adapun diantara penyebab-penyebab utama besarnya biaya pemasaran suatu jenis produk perumahan adalah : (a). Lembaga pemasaran bekerja kurang efisien dan efektif ; (b). Kurangnya keahlian lembaga pemasaran di dalam menangani produk yang dipasarkan ; dan (C). Keadaan prasarana dan sarana yang kurang menunjang di dalam melakukan kegiatan pemasaran.
Sebagai pedoman didalam menyusun strategi pemasaran bagi pihak “Manager Pemasaran”, harus memperhatikan adanya 4 (empat) tahapan dalam memprediksi jumlab permintaan pasar, yaitu antara lain:
Menentukan peluang pasar dan sasaran buyer yang dituju serta menentukan bagian pasar yang mungkin diraih oleh perusahaan.
Membagi total permintaan menjadi beberapa komponen utama sesuai dengan kecenderungan permintaan konsumen potensial, selain sistim pembayaran ditawarkan.
Melakukan peramalan pasar termasuk hal-hal yang turut mempengaruhi permintaan masing-masing bagian atau segmen konsumen, untuk seterusnya mengevaluasi sebab-sebab bagaimana hal ini dapat terjadi.
Melakukan analisa sensitivitas untuk mendekati/mengetahui point-point mana dan unsur biaya yang labil dalam mempengaruhi arus keuangan usaha, dan sekaligus mengukur tingkat risiko peramalan.
Penyusunan suatu program pemasaran adalah dimaksudkan untuk menjamin kelancaran tercapainya target-target penjualan, sedangkan didalam menyusun strategi pemasaran juga harus mempertimbangkan masalah karakteristik masing-masing pasar, termasuk keadaan sarana prasarana penunjangnya dan pelakunya itu sendiri sehingga bagi seorang manajer pemasaran perlu memperhatikan hal-hal ini:
Tetap menjaga kestabilan, kesinambungan dan kualitas produk ternak sapi potong yang ditawarkan agar dapat menanamkan rasa kepercayaan konsumen terhadap kredibilitas perusahaan.
Tetap mengadakan riset dan penelitian secara tetap dan berkala terhadap perkembangan dan fluktuasi harga bulanan, yang terendah maupun yang tertinggi menurut waktu.

Head Office

Jl. I gusti Ngurah Rai 8C-D Klender Jakarta 13470 Indonesia
(+62 21) 86610180, 8614938
sinar-pk@indo.net.id

Feedlot Sentul

Desa Sumur Batu, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
(+62 21) 87950575, 87951993
fmp.sentul@sinarindo.co.id

Feedlot Lampung

Desa Pardasuka, Kec. Ketibung, Lampung Selatan Indonesia
+62-812222438089, +62-8119933131
fmp@sinarindo.co.id